ADMINISTRASI
- kata
administrasi menurut asal katanya berasal dari bahasa latin, ad +
ministrae.
- ad berarti
intensif
- ministrae
berarti melayani, membantu, dan memenuhi
- jadi tugas
utama seorang administrator adalah memberikan layanan prima.
PENGERTIAN
ADMINISTRASI
- Administrasi dalam pengertian yang sempit
adalah suatu pekerjaan tata usaha dalam kantor
- Administrasi dalam pengertian yang luas
adalah seluruh proses kerja sama orang atau lebih dalam mencapai tujuan
bersama.
DEFENISI
ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI
- Leonard D white merumuskan sebagai "administration
is a process command to all group effort public or private, civil or
millitary, large scale or small scale" (administrasi adalah suatu
proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok baik usaha
pemerintah, ataupun swasta, sipil atau militer baik secara besar-besaran
ataupun kecil-kecilaan)
- H.A.Simon "administration can be
defined as the activities of group cooperating to accomplish common
goals" (administrasi dapat didefenisikan sebagai kegiatan kelompok
orang-orang yaang melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
- The Liang Gie “Administrasi adalah
rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu
kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu”
- Sondang P.Siagian “Administrasi adalah
keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan
atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu
secara berdaya guna.”
- Parajudi Atmosudirjo “administrasi adalah
pengendalian dan penggerak dari suatu organisasi sedemikiaan rupa sehingga
organisasi itu menjadi hidup dan bergerak menuju ketercapainya segala
sesuatu yang telah ditetapkan oleh administrator yakni kepala organisasi.”
FUNGSI
ADMINISTRASI (QUIBLE)
- Fungsi Rutin
- Fungsi Teknis
- Fungsi Analisis
- Fungsi Interpersonal
- Fungsi Manajerial
Fungsi
Rutin
- Fungsi administrasi perkantoran yang
membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan.
- Dilaksanakan oleh staf administrasi yang
bertanggung jawab atas kegiatan administrasi sehari-hari.
Fungsi
Teknis
- Fungsi administrasi yag membutuhkan pendapat,
keputusan dan ketrampilan perkantoran yang memadai, spt bisa menggunakan
program aplikasi komputer
- Dilaksanakan oleh staf administrasi yang
tergabung dalam departemen teknologi informasi
Fungsi
Analisis
- Fungsi administrasi yang membutuhkan
pemikiran yang kritis, kreatif dan kemampuan untuk mengambil keputusan.
- Dilaksanakan oleh staf manajer yang
bertanggung jawab mensupport keputusan yang akan dibuat oleh atasannya.
Fungsi
Interpersonal
- Fungsi administrasi yang membutuhkan
penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta
ketrampilan yang berhubungan dengan orang lain.
- Dilaksanakan oleh kepala proyek
Fungsi
Manajerial
- Fungsi administrasi yang membutuhkan
perencanaan,pengorganisasian, pengukuran dan pemotivasian.
- Dilaksanakan oleh staf setingkat manajer
yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan sistem prosedur administrasi.
1 komentar:
kalo blogx aktif lagi,coba tk buatn yg lebih unik :D
Posting Komentar